Banyuwangi_bhayangkaranews.my.id


Polresta Banyuwangi melakukan kegiatan pemeriksaan test urine kepada seluruh sopir dan kernet angkutan umum di Termial Brawijaya Banyuwangi, guna menekan angka kecelakaan dijalan raya saat Arus Mudik Lebaran 2022, pada jum'at (29/4/2022). 

Pemeriksaan tersebut dilakukan bersama personel Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi, yang menargetkan puluhan sopir dan kernet untuk menjalani pemeriksaan. Setidaknya ada 50 orang lebih sopir dan kernet diperiksa guna antisipasi demi kelancaran dan keselamatan dalam mudik lebaran, beruntung hasilnya seluruhnya negatif.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nasrun Pasaribu melalui Kasat Narkoba, Kompol Rudy Prabowo mengatakan, Test urine ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi adanya sopir yang memang mengalami gangguan kesehatan atau yang lainnya dan ditakutkannya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama untuk mengurangi tingkat kecelakaan pada kendaraan angkutan umum.
"Kegiatan test urine tersebut sebagai bentuk antisipasi peredaran narkotika kepada sopir dan kernet angkutan umum. Dikarenakan mereka yang berperan penting dalam mengangkut dan membawa penumpang mudik. Jadi selama mudik lebaran ini, kita juga ingin memastikan seluruh sopir dalam kondisi sehat dan tidak terpengaruh narkoba,” jelasnya.
Kompol Rudy Prabowo menjelaskan, hasil pemeriksaan puluhan sopir dan kernet yang dilakukan test urine itu semuanya negatif. Jika memang ada yang terbukti positif menggunakan Narkoba, maka anggota langsung serahkan ke Sat Narkoba untuk proses lanjut. "Semua negatif, jadi dipastikan semua aman dalam mengendarai angkutan umum,” ungkapnya.

Rudy selaku Kasat Narkoba berharap para supir dan kernet yang memiliki peran sangat penting tersebut, tidak menyalahgunakan narkoba. Agar, saat bertugas mereka tetap dalam kondisi sadar dan ini juga upaya menekan angka kecelakaan di Banyuwangi. “Kegiatan ini akan terus di lakukan oleh petugas hingga tahun depan,” pungkasnya. 

Penulis : Budhiarto/Kabiro

Sumber : (Humas Res Bwi)