Banyuwangi Jawa Timur-Bhayangkaranews.my.id
Dalam rangka giat rutin tahunan bersih Desa di Desa Ringinrejo, Kecamatan Gambiran, berlangsung meriah dan kompak yang bertempat di Balai Desa Ringinrejo giat tahun ini tidak pernah lupa selalu digelar dan dimeriahkan dengan kesenian tradisional wayang kulit semalam suntuk, Sabtu, 04/06/2022.

"Dalang Ki Edy Siswanto dari Ambulu Jember sebagai Dalang idaman warga Desa Ringinrejo juga tampil luar biasa, dengan mengambil Lakon Rojomolo Sirno, antusias warga penggemar wayang kulit sangat luar biasa membludaknya.

Lama mas, kami tidak menikmati hiburan seperti ini setelah negara dilanda musibah wabah covid 19 kata warga setempat penggemar wayang kulit.

Saat dikonfirmasi terkait acara ini Kades Ringinrejo MU Adim SH mengatakan, tahun ini bersih Desa yang ke 108 mas, semoga warga Desa dan pemerintah Desa bisa mendapat berkah rukun ,aman, nyaman, tenteram dan warga sangat luar biasa menyaksikan langsung pagelaran malam ini maklum sudah dua tahun kita tidak boleh menggelar acara apapun, cerita Rojomolo Sirno juga mengandung falsafah musnahnya memolo di Desa kami setelah kami gelar bersih Desa.

Turut dihadiri oleh Forpimka Gambiran dan ketua Asosiasi Kades / Askab Banyuwangi, Anton Sujarwo, menambah meriahnya acara bersih Desa.

Dengan karakter yang suka silahturahim ke anggotanya, Anton Sujarwo yang juga Kades Aliyan itu bersemangat sekali hadir dengan jajaran pengurus Askab ketika ditanya tentang kehadiranya dia mengatakan ini kan kewajiban saya selaku ketua Askab mas, harus siap waktu, tenaga dan pikiran untuk melayani teman-teman Kades anggota saya dan saya bangga dengan giat rutin di Desa Ringinrejo ini, semoga kedepannya bisa dilakukan tiap tahun, sambil nguri nguri kebudayaan tradisional wayang kulit.


Disinggung tentang indikasi Pilkada mendatang apa ada keinginan maju sebagai calon Bupati Banyuwangi, mengelak halus, wah ada ada saja ya, memang sih Kades itu secara fakta lebih dekat dengan masyarakat mas, tapi kan Pilkada masih lama, belum muncul pikiran itu di benak saya, tapi jika memang ada petunjuk ya kita tunggu sajalah, ungkapan politis ini yang seakan ada tanda-tanda ingin meramaikan Pilkada yang akan mendatang.

Dedik S