Probolinggo-Bhayangkaranews.my.id-Pekerjaan proyek pembangunan saluran drainase di Desa Sidorejo, Kecamatan Kota anyar, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur mulai disorot oleh warga setempat, Jum'at (12/08/2022).

Pasalnya, pekerjaan proyek yang sudah berjalan hampir kurang lebih 2 minggu tersebut tanpa ada papan nama proyek yang di lokasi pekerjaan proyek.

Hal ini menimbulkan pertanyaan besar dan sekaligus menjadi sorotan dari warga setempat, bahwa proyek yang di bangun Pemerintah Desa Sidorejo di Duga proyek siluman, sebab sama sekali tidak terpasang papan nama informasi proyeknya saat dilaksanakan nya kegiatan pekerjaan.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan proyek itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran,” tegas salah satu warga pada awak media ini, Kamis 11/08/2022.

Sesuai Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

Saat Awak media mewawancarai para pekerja di lokasi pengerjaan proyek drainase di Dusun Thurbukan dikatakan bahwa pengerjaan drainase ini, sudah berjalan kurang lebih 2 minggu, dan untuk Papan plang informasi dari awal pelaksanaan memang tidak di pasang oleh pihak aparatur pemdes Sidorejo “ungkapnya’.

Hingga berita ini diterbitkan belum juga ada papan nama proyek terpasang, padahal pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.

Sementara Tim Media mendatangi kantor desa Sidorejo untuk klarifikasinya keepada kepala Desa Sidorrejo namun kepalaa Desa tersebut sedang tidak dii kantor,, agar berita berimbanng Tim media menghubungi lewat pesan WhatsApp dirinya hanya memilih bungkam dan tidak ada respon. sampai akhirnya berita ini di publikasikan.(*)

(Saifur)