TAPUT,Bhayangkaranews.my.id-Dalam rangka pemenuhan standar pelayanan kesehatan pada masyarakat di Puskesmas Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera utara,kepala UPT Puskesmas dan petugas kesehatan secara terus memberikan layanan buka 24 jam bagi masyarakat, Rabu (31/08/2022).
"Pada kesempatan tersebut,ketika kepala UPT Puskesmas Sipahutar Fatimah Simatupang,SKM,MM. diwawancarai melalui telepon selularnya disela pada saat melaksanakan sosialisasi stunting di Desa Kecamatan Sipahutar.
Dikatakan dalam hal pelayanan kesehatan,KUPT Puskesmas menyampaikan bahwa demi meningkatkan kualitas pelayanan,kami terus berupa untuk memberikan kenyamanan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan memuaskan kepada para pengunjung atau masyarakat yang datang berobat ke Puskesmas Kecamatan Sipahutar.
Selanjutnya,masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dari puskesmas sipahutar,KUPT terus menghimbau dan mengarahkan seluruh petugas kesehatan,baik itu dokter,bidan dan perawat agar selalu melayani dengan baik,Senyum,Sapa, Salam(3S) yang humanis serta bersahaja sebagaimana motto dari Bapak Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan,M.Si. dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat
“Saya selalu instruksikan ke semua staff supaya benar- benar humanis dan bersahaja dalam melayani agar pengunjung yang datang tetap nyaman untuk menyampaikan keluhan atau permasalahan yang dialami para pasien,baik itu yang berobat sebagai pasien umum,maupun pasien peserta jaminan kesehatan daerah (Jamkesda), jampersal, BPJS, rujukan ke rumah sakit dan lain sebagainya,”terangnya.
Selain itu, di tengah pandemi Covid-19 Omicron saat ini, kami juga menghimbau kepada petugas pelayanan kesehatan dan pengunjung harus patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.
"Untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat,Puskesmas Sipahutar juga saat ini telah menyediakan layanan rawat inap umum, PONED, dan memiliki ruang gawat darurat,ruang isolasi covid-19 dan ruang karantina untuk penanganan gangguan kesehatan masyarakat dalam 24 jam.
Puskesmas Sipahutar juga sudah dilengkapi fasilitas sarana dan prasarana rumah dinas dan memiliki areal halaman parkir yang memadai untuk kendaraan roda empat dan roda serta tersedianya taman tempat bermain untuk anak menerapkan penataan lingkungan kantor puskesmas yang tetap bersih,ruang taman terbuka hijau,melakukan pelayanan administrasi yang akuntabel, efesien,secara transfaran.
Kemudian masyarakat dapat mengetahui dan mengakses, jenis dan tarif pelayanan pasien,serta jadwal dan waktu pelayanan di puskesmas sipahutar melalui informasi yang di sediakan Puskesmas dengan harapan agar puskesmas sipahutar menjadi pusat pelayanan kesehatan pilihan pertama bagi masyarakat,”harapanya mengakhiri.
"Terpisah masyarakat sipahutar,kita katakan Op Maju Silitonga (70) tahun yang tidak ingin disebut namanya, sangatlah mengapresiasi keberadaan puskesmas sipahutar,yang selama ini telah membuka layanan selama 24 jam pada pelayanan kesehatan masyarakat yang semakin baik,"ungkapnya dengan senang.
(Amir S Hutabarat)
0 Komentar