Buntok-Barsel-Bhayangkaranews.my.id-Kantor Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) Dinas Perhubungan di Pelabuhan Pasar Lama Buntok Kabupaten Barito Selatan, provinsi Kalimantan Tengah saat ini kondisi keadaan bangunan nya sangat memperhatinkan dan rawan ambruk/runtuh di sebab kan bagian bangunan sudah retak dan tihang pilar bagian bawah cor beton nya sudah putus, Rabu 28/09/2022.


"Dengan kondisi bangunan kantor UPTD seperti sekarang ini apa kah masih layak di pergunan sebagai tempat pelayanan masyarakat khusus nya bagian pemeriksaan kelengkapan berlayar Armada Kapal yang melintasi di perairan Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito,terkhusus wilayah Kab.Barsel untuk kenyamanan dan keselamatan baik Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Perhubungan yang ada di dalam kontor UPTD Dinas Perhubungan tersebut saat menjalan kan tugas atau masyarakat yang ingin melakukan pelayanan.


"Kita sudah mengusul kan khusus Dinas Perhubungan Kab.Barsel ke Pemerintah Provensi (PemProv) dan Balai di Palangka Raya untuk perbaikan dan pemeliharaan UPTD Pelabuhan Pasar Lama itu.
Pada tahun 2021-2022 kemaren".

"Di tahun 2022 ini kita mendapat kan Alokasi kan Dana 200 juta (Dua Ratus Juta) dari Kementrian Perhubungan untuk pelabuhan tersebut namun dari pihak Provensi mengatakan dana itu tidak cukup untuk merehap atau memperbaiki Kantor UPTD tersebut" ujar Ir.Daud Danda Kadis Perhubungan Kab.Barsel.


"Alokasi Dana 200 juta dari Kementrian Perhubungan itu mau di belikan Speed Bood untuk kita,namun saya menolak nya karena ada salah satu Dermaga juga yang berada di Pendang Kecamatan Dusun Utara itu perlu juga ada perbaikan dan pemeliharaan, jadi Alokasi Dana itu kita alih kan ke pelabuhan Pendang".kata pak Daud.

"Memang kemarian Pelabuhan Pasar Lama Buntok itu wewenang nya ada di kementrian perhubungan dan Balai Perhubungan di Provensi,namun pada bulan ini kita sudah memdapatkan surat dari kementrian Perhubungan Hak pengelolaan atas Kantor UPTD ke Pemkab Barsel, khusus Dinas Perhubungan,baik itu untuk perbaikan,pemeliharaan,dan pembangunan nya" tegas Daud.

"Memang Rencana kita di tahun 2023 nanti kita khusus nya Dinas Perhubungan Kab.Barsel akan mengusul kan Anggaran untuk pembangunan atau perehapan UPTD yang ada di Pelabuhan Pasar Lama tersebut,baik itu APBD kabupaten atau pun APBD Provensi"tutup Daud Danda.

Editor Darmisi Pewarta Sawalun.DL