Balik-Papan-Bhayangkaranews,my.id-Sebagai sosok personil Polri yang berdinas di Polsek Balikpapan Utara - Polresta Balikpapan jajaran Polda Kalimantan Timur, Aiptu Ardian Wempi Antariksa terlahir pada tahun 1979,ibunda Sri Martini,dan Ayahanda, Suherna,di salah satu kota di Jawa Timur yaitu di Ujung Pulau Jawa Timur yaitu Kabupaten Banyuwangi tepatnya di Desa Kedungwungu kampung Lambau Kecamatan Tegaldlimo, Rabu (07/09/2022).

"Diawali merantau ke Kalimantan Timur pada tahun 2007, wempi tiba di Kabupaten Paser, kemudian mengawali kegiatan di kabupaten paser dengan menjadi pemain bola voly, dan bahkan sempat berjualan koran di pelabuhan Penajam, saat itu masih masuk Balikpapan Seberang, kemudian pada tahun 1998 Wempi mencoba mendaftar di penerimaan Polri di Kabupaten Paser, dan selanjutnya mengikuti test di kota Balikpapan, dan Nasib baik berpihak kepada seorang wempi, yang ahkirnya diterima masuk dan mengikuti pendidikan menjadi bintara Polri pada tahun 1998-1999,kala itu.

Selesai menjalani pendidikan bintara Polri, Wempi di tempatkan di dit Sabhara Polda Kaltim di Satuan Perintis, kemudian pada tahun 2000 Serda Wempi ditugaskan bersama rekan2nya ke daerah operasi keamanan yaitu di Nangroe Aceh Darusalam selama kurang lebih 1 tahun, kembali dari tugas dengan selamat, kemudian kembali ke kesatuan awal yaitu Dit Sabhara Polda Kaltim, dan pada tahun 2004 saat itu pangkat berubah menjadi Brigadir yaitu Brigadir Polisi satu (Briptu) Briptu Wempi Antariksa ditugaskan ke wilayah utara Kalimantan timur yaitu Kabupaten Malinau (saat ini masuk wilayah Kalimantan utara, di Polres Malinau Briptu Wempi Antariksa bertugas di Satuan Reskrim Polres Malinau.

Kemudian beliyau pernah menjabat Ps Kanit Tipiter, Ps.Kanit Tipikor dan Ps.Kanit Opsnal Polres Malinau, selama bertugas di Satuan Reskrim, sudah banyak prestasi yang di perolehnya,Brigadir Wempi Antariksa hingga ahkirnya pada tahun 2009, Brigadir Wempi Antariksa dipindah tugaskan ke Polresta Balikpapan dengan Surat Mutasi dari Kapolda Kaltim, di Polresta Balikpapan, Brigadir Wempi Antariksa ditempatkan di Polsek Balikpapan Utara dan kembali ke komunitasnya yaitu di Unit Reserse Kriminal.

"Dan juga beliyau telah banyak prestasi yang di torehkan Brigadir Wempi Antariksa sampai dengan Brigadir Wempi Antariksa sampai dengan Brigadir Ardian Wempi Antariksa di percaya menjabat Ps.Kasikum (Kepala Seksi Hukum) Polsek Balikpapan Utara sampai ahkir tahun 2018, dan pada bulan November 2018, Aipda Ardian Wempi Antariksa menerima tugas baru yaitu menjadi Bhabinkamtibmas Kel.Graha Indah wilayah Polsek Balik,papan Utara.

"Dengan bermodal pengalaman yang cukup lama di Satuan Reserse Kriminal kurang lebih 16 tahun, Aipda Ardian Wempi Antariksa melaksanakan tugas sebagai Bhabinkamtibmas, dengan langkah awal membina Potensi masyarakat kelurahan Graha Indah yaitu FKPM graha Indah, dan FKPM di gawangi Aipda Ardian Wempi Antariksa melaksanakan Harkamtibmas dengan melakukan Patroli Kamtibmas Rutin guna mengkondusifkan wilayah Graha Indah dan selanjutnya membina potensi potensi masyarskat lainya sampai dengan melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan, dari pelaksanaan tugas sebagai Bhabinkamtibmas dari pangkat Aipda sampai ke Aiptu, Aiptu Ardian Wempi Antariksa kembali menorehkan Prestasi antara lain.

A.Tahun 2019 Mendapatkan penghargaan dari Lurah Graha Indah Satrio Taufiq D.N, S.STP dan Camat Balikpapan Utara FAHRUL RAZJI, S.STP yang telah membuat dan menciptakan wilayah kelurahan graha indah kecamatan balikpapan utara,yang aman dan kondusif bersama FKPM Kel.Graha Indah.

B.Tahun 2019 mendapatkan penghargaan dari Kapolres Balikpapan AKBP WIWIN FIRTA, Y.A.P, S.IK karena telah mengungkap kasus Narkoba, Curanmor, Curas, dan Sajam di wilayah kelurahan Graha Indah.

C.Tahun 2020 Mendapatkan Penghargaan dari Kapolda Kalimantan Timur Irjen Priyo Widianto sebagai Polisi teladan tertib sipil di ruang publik.

D.Tahun 2021 mendapatkan penghargaan dari Kapolda Kalimantan Timur Irjen Muktiono sebagai polisi teladan tertib sipil diruang publik.

E.Tahun 2021 Mendapatkan penghargaan dari KAPOLRI dan Mendapatkan PIN EMAS sebagai Polisi Teladan dari Kapolri Jendral Drs. Idham Azis.

F.Tahun 2004 Mendapatkan Lencana Satya Lencana Dharma Nusa dari Presiden Republik Indonesia yaitu, Megawati Soekarno Putri karena telah melaksanakan tugas melebihi tugas melaksanakan Operasi pemulihan keamanan di Nangroe Aceh Darusallam.
"Dari berbagai penghargaan yang diterima Aiptu Ardian Wempi Antariksa sama sekali tidak pernah merasa angkuh ataupun Sombong, Bahkan Aiptu Ardian Wempi Antariksa tetap berusaha Tawadhu dan bahkan justru takut dengan penghargaan penghargaan tersebut,

Karena takutnya kalau belum bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, namun Aiptu Ardian Wempi Antariksa tetap berusaha memberikan pelayanan prima kepolisian kepada seluruh warga binaanya, kegiatan Harkamtibmas yaitu patroli Kamtibmas diseluruh wilayah Kelurahan Graha Indah bersama FKPM sampai saat ini masih rutin dilakukan, bahkan Aiptu Ardian Wempi Antariksa membuat Program kerja yaitu Program Sosial membantu warga kurang mampu yaitu Program Jumat Berkah.

"Pada tahun 2020, Aiptu Ardian Wempi Antariksa mencoba mengikuti test Seleksi penerimaan calon Perwira Polri (SIP) Namun setelah mengikuti test ternyata belum mendapatkan rezeki sehingga tidak terikut mengikuti pendidikan SIP, Namun semuanya diterima dengan lapang dada dan Aiptu Ardian Wempi Antariksa dan tidak menyurutkan semangat untuk melayani, mengayomi dan melindungi Masyarakat sampai saat ini sebagai Bhabinkamtibmas Kel.Graha Indah.pungkasnya.

Editor Darmisi Pewarta; (TIM)