Tapanuli Utara-Bhayangkaranews.my.id-Mewujudkan peningkatan destinasi pariwisata danau toba dan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara yang ke-77 tahun.

Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara turut ambil bagian berperan dengan menggelar berbagai event yang luar biasa,yaitu : Sport Tourism ‘GOWES TOUR DE SIBANDANG I’, Festival dan Kompetisi Burung Berkicau, Pemilihan Putra-Putri Bonapasogit Tahun 2022 serta Festival Ulos & Fashion. 

 "Rangkaian event tersebut dilaksanakan dalam rangka mengangkat nilai dari potensi kepariwisataan kabupaten tapanuli utara,untuk mendukung promosi destinasi danau toba,secara khusus muara sebagai daerah wisata tujuan dilingkaran Danau Toba, Selasa 18/10/2022.
1.Event Sport Tourism ‘GOWES TOUR DE SIBANDANG I,
Kegiatan dengan mengambil titik Start Geosite Hutaginjang yang merupakan salah satu destinasi wisata yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. 

 "Sementara kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah seperti Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Dairi. 

Lalu adapun rute yang dilalui peserta gowes : Hutaginjang, Dolok Martumbur, Desa Aritonang dan Unte Mungkur dimana seluruh desa adalah merupakan desa wisata yang dimiliki Kecamatan Muara kemudian peserta akan menyeberang ke Pulau Sibandang menggunakan Kapal Ferry penyeberangan KMP Muara Putih. 

Maka setelah seluruh peserta yang mengikuti masuk garis finish, akan dilanjutkan dengan sesi hiburan dan lucky draw berupa pengundian hadiah yang disiapkan oleh panitia, Bank SUMUT Tarutung, Bank BNI. 

 "Namun ada sebagian hadiah yang diterima melalui lucky draw, disumbangkan kepada korban dampak gempa berupa gelas dan perlengkapan dapur lainnya.

Kemudian peserta juga menggalang dana bagi korban gempa bumi di Kabupaten Tapanuli Utara dan dana yang terkumpul ada sebesar Satu Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah (Rp. 1.755.000,-)


 "Berikut peserta yang mendapatkan hadiah Lucky Draw GOWES DE SIBANDANG I adalah : Ade Sumardi (Hadiah Kulkas), Chanra (Mesin Cuci), Kevin (Hadiah Sepeda), Sugianto (Hadiah Sepeda), Ramlan (Hadiah TV), Darman (Kompor Gas), Sutitno (Kompor Gas), Reinhard Pasaribu (Kompor Gas), Immanuel Situmorang (Kompor Gas).

2.Festival dan Kompetisi Burung Berkicau. 
Kegiatan ini diselenggarakan di Lapangan Salib Kasih, Siatas Barita pada Minggu, 02 Oktober 2022. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai daerah. Hadiah Utama memperebutkan satu (1) unit mobil. 

3.Pemilihan Putra-Putri Bonapasogit Tahun 2022. 
Kegiatan ini dilaksanakan di Sopo Partungkoan pada Minggu, 02 Oktober 2022. Adapun pemenang dalam ajang pemilihan putra-putri 
Bonapasogit tersebut adalah :

Juara I Putra/Putri : Bima M. H. Sianturi/Ivany Damayanti Silitonga
Juara II Putra/Putri : Goklas Nababan/Angelika Simanjuntak
Juara III Putra/Putri : Rio Pasaribu / Gimania Manurung

4.Kegiatan yang berikutnya adalah Festival Ulos dan Fashion.
Kegiatan dilaksanakan pada Senin-Selasa, 03 s/d 04 Oktober 2022 di Geosite Hutaginjang, Kecamatan Muara. Adapun para pemenang dalam Festival Ulos dan Fashion adalah :
PEMENANG LOMBA TENUN ULOS SADUM
Septiane Sibuea
Nurhaida Siahaan
Feronika Bresda Hatabarat

PEMENANG LOMBA TENUN ULOS MANGIRING
Emi Pakpahan
Marta Siregar
Timayur Siregar

PEMENANG LOMBA FASHION ANAK
Gracesya Panggabean
Nathani Purba
Meilina Pratama

PEMENANG LOMBA FASHION REMAJA
Laudya Lumbanbatu
Sion Nainggolan
Queen Lumbantoruan

PEMENANG LOMBA FASHION DEWASA
Maria Simanjuntak
Melva Ginting
Betry Simorangkir

PEMENANG LOMBA FASHION SHOW LANSIA
Rosita Simamora
Ardine Siregar
Ratna Panggabean


 "Pada Kesempatan tersebut mewakili Bupati Taput, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara, Sasma Hamonangan Situmorang, S.STP, M.Si didampingi sekretaris dan sejumlah Kabid Dispar taput menyampaikan dengan berharap kiranya setiap rangkaian kegiatan yang sudah digelar dapat meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Tapanuli Utara. Kiranya pariwisata semakin maju dan semakin cemerlang, khususnya Kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas. 

Selanjutnya dinas pariwisata kabupaten tapanuli utara akan terus berupaya menggelar berbagai bentuk event festival sebagai bentuk promosi yang mampu mendukung target potensi peningkatan pengunjung yang lebih besar demi kemajuan kepariwisataan Taput yang lebih baik kedepan.

Sehingga demi peningkatan kepariwisataan kab taput kedepan,kita juga terus berupaya memperjuangkan berbagai sumber anggaran yang lebih besar untuk mendukung pembangunan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam membenahi kepariwisataan taput yang lebih baik,"ungkapnya kepada awak media.

Pewarta Amir S Hutabarat