Tapanuli Utara-Bhayangkaranews.my.id-Pada pelaksanaan kegiatan pelatihan pandai berhitung metode gasing jenjang SD di kabupaten tapanuli utara yang dihelat sejak tanggal 26 Sept sampai 13 Oktober 2022,bertempat di SMP Negeri 1 sigompulon Kecamatan Tarutung, Senin 10/10/2022.

"Dinas pendidikan Taput bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tapanuli utara lakukan kolaborasi untuk siaga bencana gempa.  

Kolaborasi dilakukan untuk penguatan Sistem Pendidikan penanggulangan Kebencanaan di Sekolah, kegiatan yang bertujuan memberikan informasi dan pengetahuan mengenai program Sekolah Siaga Bencana alam,terlebih saat ini kondisi kabupaten taput sedang mengalami bencana gempa bumi yang menimbulkan kegalauan dan ke tidak tenangan masyarakat 

"Dengan adanya penguatan sistem pendidikan kebencanaan di sekolah dapat diwujudkan salah satunya dengan Siaga Bencana alam. 
Sekolah agar dapat berupaya membangun kesiap siagaan sekolah terhadap bencana dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan baik individu maupun kolektif di sekolah baik itu sebelum, saat, maupun setelah terjadinya bencana.

"Hal itupun dikuatkan dengan pernyataan komitmen dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Taput,Bontor Arifin Hutasoit,S.IP.M.SP didampingi Kabid PAUD Damos Siahaan menyatakan komitmen untuk penanganan bencana khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan dan satuan pendidikan tingkat SD dan SMP akan dijalankan setelah kolaborasi dengan PMI"ungkap Kadis saat memantau kegiatan pelatihan pandai berhitung metode gasing.

Pewarta Amir S Hutabarat