Singkawang (Kalbar), Bhayangkaranews.my.id - Fakta yang tidak menyenangkan dan sangat disayangkan, aksi demo damai Revitalisasi Pasar Beringin yang digelar HMI kota Singkawang tanpa dihadiri Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH. yang berhalangan hadir.

Namun aksi demo Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Singkawang dan Pedagang Pasar Beringin Singkawang hanya dihadiri Sekretaris Daerah Kota Singkawang Drs.Sumastro,M.Si mewakili Pemkot Singkawang. Selasa (18/10/2022)

Aksi demo yang semula direncanakan di Gedung DPRD Singkawang, namun kini berpindah Kantor Walikota Singkawang.

Pembina Forum Pedagang Pasar Beringin Dekky Armadani mengatakan keberatan atas beberapa hal berkenaan dengan revitalisasi pasar beringin.

”Saya dan para pedagang sudah 8 kali menyatakan keberatan revitalisasi di danai investor, saya menyayangkan mengapa dana PEN tidak diperuntukkan revitalisasi pasar beringin, saya mendukung menggunakan dana APBD atau APBN," jelas nya.

Keberatan disampaikan juga olehPurwanto.

“Saya bukannya menolak revitalisasi yang ingin dilaksanakan namun yang kami tolak adalah sistem dari revitalisasi tersebut yaitu tentang adanya pihak ketiga," ucapnya.

Purwanto mengungkapkan Pembangunan Revitalisasi Pasar Beringin oleh pihak ketiga tersebut sangat boleh namun beban angsuran yang akan dibayar oleh para pedagang itu semakin besar. Bahkan berpengaruh dengan harga-harga dagangan itu sendiri.

”Alangkah baiknya pembangunan tersebut dilakukan dengan anggaran dana APBD," tegas Purwanto.

Walaupun pembangunan dilaksanakan dalam waktu yang panjang namun yang pastinya kedepan para pedagang sejahtera dan pemkot sendiri dapat menikmati hasil pembangunan tersebut.

Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto memberikan tanggapan.

”Saya sebagai Wakil Ketua DPRD mengapresiasi cara penyampaian demo hari ini, tidak akan dilakukan revitalisasi, jika belum ada kesepakatan dengan pedagang”.

Ditegaskan oleh Sekretaris Daerah Kota Singkawang.

“Menurut saya tidak ada perbedaan pandangan antara Pemkot Singkawang dengan Pedagang, untuk Ide, pendanaan Revitalisasi Pasar Beringin dari APBD atau APBN, tidak dapat serta merta dapat dilakukan, karena perlu dikaji secara komprehensif terlebih dahulu," tegas Sekda.

Sudomo sebagai Penasihat Forum Pedagang Pasar Beringin memberikan kesimpulan. 

”Jadi udah jelas, revitalisasi pasar beringin, menggunakan investor dibatalkan, karena tidak ada kesepakatan pemerintah dengan para pedagang," simpulnya.

Aksi Demo berjalan dengan lancar walau tanpa dihadiri Walikota Singkawang.

Dan para pedagang Pasar Beringin serta anggota Himpunan Mahasiswa Islam Kota Singkawang tetap mengikuti arahan kembali ke rumah masing masing dengan tertib meninggalkan gedung kantor walikota singkawang.  

(Tim/Edy)