Tapanuli Utara-Bhayangkaranews.my.id-Mewujudkan nawacita kedua Presiden Jokowi dan melanjutkan visi-misi Bupati-Wakil Bupati Taput,menjadikan Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung sumber daya manusia berkualitas yang berdaya saing dan kompetitif.

Pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat(LCC) pelajar tingkat lanjutan pertama sekabupaten Tapanuli Utara tahun 2022 dibuka Drs Bupati Taput Nikson Nababan,M.Si yang didampingi Kadis Dikbud Taput Bontor Hutasoir,S,IP. M.SP, Selasa (04/10/2022) bertempat di SMA HKBP 2 Tarutung.

"Grand final diikuti 6 regu (satu regu 3 orang) dari 6 sekolah, setelah sebelumnya menempuh tahapan di jenjang sekolah masing-masing. Selanjutnya terbaik pertama dan kedua diseleksi di kecamatan dan menjadi utusan kecamatan untuk mengikuti LCC Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara,"jelas Kadis Dikbud Taput Bontor Hutasoit.

Dihadapan peserta anak didik atau siswa-siswi dan kepala sekolah,guru pendamping serta pendukung masing-masing regu yang hadir, Bupati mengapresiasi pelaksanaan lomba cerdas cermat tersebut, dengan mengutarakan pada 2019 langsung memerintahkan dinas pendidikan menyelenggarakan kembali cerdas cermat.

"Pada kesempatan tersebut, Bupati Taput Nikson Nababan dalam kata sambutannya langsung memotivasi siswa untuk tidak terpengaruh akan berita hoaks, anak-anak kami sekalian selaku generasi masa depan jangan sekali-kali mau terpengaruh terhadap berita hoaks,” ajaknya.

Kedepannya terkait program LCC akan menjadi agenda rutin dinas pendidikan dan kebudayaan taput setiap tahunnya sebagai wujud mendukung visi-misi Kabupaten Tapanuli Utara menjadi lumbung SDM yang berkualitas.

"Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Taput, Bontor Hutasoit,S.IP. M.SP. menjelaskan sebelum tahapan grand final terlaksana, seleksi di jenjang sekolah masing-masing sebelumnya sudah dilakukan. Selanjutnya dari hasil seleksi tersebut yang terbaik pertama dan kedua pada seleksi di kecamatan, menjadi utusan kecamatan untuk mengikuti LCC Tingkat Kabupaten Tapanuli Utara.

Materi soal untuk LCC,"yaitu; bidang studi IPA, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan IPS.

"LCC ini diprogramkan Bupati Taput Drs. Nikson Nababan untuk meningkatkan daya saing dan kompetitif siswa ,guru dan kepala sekolah. Sehingga ini menjadi wahana media untuk meningkatkan kemampuan intelektual, mental dan karakter. 
Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi guru, murid dan Kapsek di satuan pendidikan untuk berlomba-lomba meningkatkan kualitas dan kompetensi untuk mencapai berprestasi,"ungkap Kadis.

"Disebutkan pada grand final LLC tingkat Kabupaten SMP Swasta Santa Maria Tarutung tampil sebagai juara pertama atas nama Abraham Sihaloho, Benedecta dan Patua Lumbantobing, mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp10 juta ditambah piala serta medali dan piagam penghargaan.

Diurutan kedua diraih SMPN 3 Muara Siatas atas nama Medita Pangaribuan, Kirey Simajuntak dan Keren Simanungkalit, dengan mendapat uang pembinaan sebesar Rp7,5 juta, piala serta medali dan piagam penghargaan.

Selanjutnya Juara ketiga diraih SMPN 2 Tarutung atas nama, Rizky Sinaga, Nathanael Marpaung dan Alvardo Simarmata, memperoleh uang pembinaan sebesar Rp5 juta, piala serta piagam penghargaan.

Berikut juara Harapan I, diraih SMP Swasta St. Lucia Siborong-borong, harapan II SMPN 1 Muara dan harapan III SMPN 1 Simangumban. 

"Penyerahan hadiah terhadap para pemenang LLC akan dilaksanakan hari Rabu, 05 Oktober 2022 tepatnya pada perayaan hari jadi Kabupaten Tapanuli utara ke-77 tahun dan tepat dihari ulang tahun bapak Bupati Taput Drs Nikson Nababan M.Si yang Ke-50 tahun.

Pemberian hadiah oleh Bupati Taput adalah sebagai bentuk aspresiasi dan menyemangati para peserta anak didik dan guru pendamping maupun Kepala sekolah yang sudah berhasil meraih juara LCC tingkat Kabupaten Tapanuli utara",jelasnya.


 Pewarta Amir S Hutabarat