TAPUT-Bhayangkaranews.my.id-Pasca Gempa bumi berkekuatan 6,0 Magnitudo yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (01/10/2022) dini hari, berdampak luas mengganggu bagi kehidupan masyarakat dan merusak berbagai sektor fasilitas umum.

"Bukan saja hanya mengakibatkan korban jiwa meninggal dan luka-luka. 

"Akan tetapi juga mengakibatkan kerusakan pada sejumlah fasilitas umum seperti infrastruktur jalan, sekolah dan rumah ibadah, sejumlah ruas jalan di Kabupaten Tapanuli Utara rusak akibat kuatnya goncangam gempa tersebut.

 "Sementara Kadis juga mengatakan katakan ada ruas jalan yang retak,dan tanah lonsoran dari perbukitan, selain itu bangunan sekolah juga mengalami kerusakan.

 Begitu juga rumah-rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya.

 "Selanjutnya Kadis PUPR Kabupaten Tapanuli Utara Dalan Simanjuntak saat dikonfirmasi menjelaskan sangat terkejut merasakan guncangan gempa tersebut yang menyebabkan jatuhnya korban dan kerusakan jalan di beberapa lokasi. 

Antara lain jalan amblas di Aek Siansimun Kecamatan Tarutung, badan jalan tertimbun tanah longsor di jalan menuju Salib Kasih Kecamatan Siatas Barita.

 "Lalu ditambahkan,selain mengakibatkan jalan kabupaten, gempa juga menyebabkan kerusakan jalan nasional seperti ruas jalan Tarutung menuju Sipirok di daerah Simorangkir Kecamatan Siatas Barita.

Dalam menjelaskan atas instruksi Bupati Taput Nikson Nababan, kerusakan dan longsoran tanah di badan tersebut langsung ditangani dengan menggunakan alat berat milik Pemkab Tapanuli Utara.

Sementara untuk kerusakan badan jalan nasional telah dikoordinasikaan dengan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumutaera Utara. "Mereka berjanji akan segera menindaklanjuti.
Namun selain mengakibatkan jalan rusak, gempa tersebut juga menyebabkan kerusakan pada tanggul aek SigeaonJuga me rusak sheet pile Aek Sigeaon.

 "Bahkan pasca gempa tersebut daparmempengaruhi perubahan warna Air Sungai aek sigealon menjadi keruh yang mengalir dari hulu kehilir,dan airnya juga mengaliri irigasi Aek Sigeaon Kanan desa Simanungkat.

Maka untuk menjaga adanya gempa susulan yang akan masih terjadi,kadis menghimbau masyarakat dikabupaten Tapanuli utara,khusus sekitaran titik lokasi pusat gempa agar tetap waspada dan jaga diri,dan jika guncangan gempa susulan masih terjadi diminta masyarakat agar tetap diluar,jangan masuk kedalam rumah,"harapnya.

Pewarta Amir S Hutabarat